Soekarno-Hatta Dapat Award Pelayanan Domestik

RABU, 18 MEI 2011, 07:04 WIB Ismoko Widjaya

Tapi PT Angkasa Pura II masih belum puas dengan penghargaan itu.

VIVAnews – Bandara Internasional Soekarno-Hatta meraih penghargaan Service Quality (SQ) Award 2011 untuk kategori Pelayanan di Bandara Domestik Indonesia. Penghargaan ini dikeluarkan lembaga independen di bidang marketing maupun service, Carre –Center for Costumer Satisfaction & Loyalty (Carre – CCSL), serta Majalah Service Excellence.

“Award ini sesungguhnya merupakan cambuk bagi kami agar tidak pernah berhenti berkreasi dan berinovasi, dalam mengupayakan kepuasan pelanggan. Juga agar terus memerhatikan dunia pendidikan seperti yang selama ini kami lakukan,” kata Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II Salahudin Rafi dalam rilisnya yang diterima VIVAnews.com, Rabu 18 Mei 2011.

Menurut Salahudin, manajemen mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan penilaian positif melalui survei. Namun sesungguhnya award itu belum cukup membuat manajemen puas apalagi lupa diri.

“Karena sesungguhnya, penghargaan tertinggi dari segala jenis award yang kami ingin capai adalah senyum puas dan kebanggaan para pelanggan saat mereka datang maupun ketika pergi meninggalkan bandara kami,” lanjut Rafi.

Rafi memaparkan, saat ini Angkasa Pura II tengah melakukan pembenahan kualitas pelayanan, baik meliputi pembenahan sistem  maupun infrastruktur. Selain itu, manajemen juga menerima penghargaan di dunia pendidikan.

Sementara, Yuliana Agung, CEO Carre – CCSL menjelaskan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta mendapatkan total skor Indonesia Service Satisfaction Index (ISSI) sebesar 3.8902 dari survei yang dilakukan lembaganya terhadap 3.000 responden. Seluruh responden merupakan pengguna jasa bandara kelas menengah dan atas yang berdomisili di empat kota besar seperti Jakarta, Makasar, Surabaya dan Medan.

Indeks pengukuran skor ISSI dibagi dalam dua indikator, yaitu dari persepsi nilai pelayanan (Perceived Service Value/PSV) dan persepsi kualitas pelayanan (Perceived Service Quality/PSQ). PSV merupakan persepsi kesetaraan antara harga yang dibayarkan pelanggan dan pelayanan yang diperoleh pelanggan.

Sedangkan PSQ meliputi empat aspek persepsi,  Accessibility (pengaksesan dari service center oleh pelanggan), Process (prosedur dan unsur-unsur yang terkait denga proses pelayanan), People (staf atau frontliner yang berinteraksi dengan pelanggan), dan Service Complain Handling (kualitas penanganan keluhan). (umi)

VIVAnews

Advertisements
%d bloggers like this: